Sekda DKI: Ada Efisiensi Rp 1,4 Triliun pada KUA-PPAS 2016


Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, di Balai Kota, Senin (11/5/2015)

JAKARTA, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengatakan ada efisiensi sebesar Rp 1,4 triliun di dalam Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2016.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI baru menyerahkan dokumen KUA-PPAS 2016 kepada DPRD DKI, Senin (30/11/2015) pagi tadi. 

"(Efisiensi) ada Rp 1,4 triliun. Jumlah kegiatan enggak tahu. Tapi ada (kegiatan) di Disparbud (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) DKI, ada di semua SKPD (satuan kerja perangkat daerah) dari dinas, biro, sampai UPT-UPT," kata Saefullah, di Balai Kota, Senin. 

Meski demikian, efisiensi ini tidak mempengaruhi jumlah KUA-PPAS 2016. Nilai anggarannya tetap Rp 66 triliun. Hanya programnya yang dikoreksi.

Anggaran itu kemudian dialihkan ke Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI untuk pembangunan rusun. Dokumen KUA-PPAS 2016 itu kini sedang dibahas di Badan Musyawarah (Bamus) DPRD).

"Mereka janji seminggu (untuk pembahasan), selanjutnya dibahas di Banggar (selanjutnya penandatanganan nota kesepahaman KUA-PPAS). Surat ke DPRD DKI sudah saya berikan bersamaan dengan penyerahan dokumen KUA-PPAS," kata mantan Wali Kota Jakarta Pusat itu.

Pemprov DKI juga sudah menyampaikan dokumen KUA-PPAS 2016 serta surat resmi kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Saefullah optimis, Raperda APBD 2016 rampung akhir tahun ini. Selain pengesahan APBD, Saefullah optimis dapat menyerap anggaran dengan baik.

"Terakhir, (serapan anggaran) 38 persen. Tetap optimis target (serapan anggaran) 60 persen tercapai?," kata Saefullah.

No comments:

Post a Comment