Ada Isu Penggusuran, Masjid Luar Batang Malah Bikin Penasaran


Masjid Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (1/4).

JAKARTA, Menjelang puasa yang jatuh pada Juni 2016, pengunjung Masjid Luar Batang di Penjaringan Jakarta Utara mulai terlihat ramai. Juru bicara Masjid Luar Batang, Mansur Amin, mengatakan, selain untuk beribadah, kedatangan para pengunjung juga untuk berziarah ke makam keramat Habib Husein bin Abubakar Alaydrus.
Mansur memperkirakan akan ada 10.000 pengunjung yang datang untuk beribadah dan ziarah. Jumlah tersebut, kata Mansur, meningkat karena ada isu penggusuran Luar Batang yang membuat masyarakat semakin penasaran.
 
Masjid Luar Batang.
"Biasanya, kalau hari biasa itu sekitar 5.000 pengunjung per minggunya. Jumlah itu semakin bertambah sejak ramainya masalah penggusuran Luar Batang." "Yang dulunya 5.000-an sekarang menyentuh 10.000, orang jadi penasaran, makin banyak yang ingin tahu," ujar Mansur kepada Kompas.com di Masjid Luar Batang, Jakarta Utara, Selasa (31/5/2016).
Untuk pengunjung, kata Mansur, mayoritas berasal dari Jakarta dan Jawa. Namun, ada juga beberapa rombongan menggunakan bus yang berasal dari Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.
Saat Ramadhan nanti, pengurus masjid telah mempersiapkan kegiatan layaknya kegiatan masjid pada umumnya, seperti tadarus, syiar Islam, juga sahur bersama. Untuk sumbangan, Mansur menyebut mayoritas berasal dari per orangan.
"Untuk sumbangan memang dari dulu juga banyak, tapi kebanyakan perorangan yang enggak mau disebutkan namanya," ujar Mansur.

No comments:

Post a Comment