Pemprov DKI Terus Operasikan Alat Berat untuk Ratakan Pasar Ikan


Selasa (12/4/2016), belasa alat berat dikerahkan untuk membersihkan sisa bangunan di kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara.

JAKARTA, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah menginstruksikan agar alat berat terus dioperasikan untuk meratakan Pasar Ikan dengan tanah. Sehingga, nantinya tidak ada bangunan yang dibangun kembali secara liar di sana. "Jadi Pasar Ikan dan Kampung Akuarium yang kemarin sudah ditertibkan akan terus dirapikan. Supaya saat mengerjakan sheetpile (dinding turap) relatif mudah," kata Saefullah seusai rapat penataan Luar Batang, di Balai Kota, Jumat (29/4/2016).
Adapun pembangunan sheetpile merupakan langkah pertama revitalisasi kawasan Luar Batang. Pemprov DKI Jakarta akan membangun sheetpile di sepanjang perairan Pelabuhan Sunda Kelapa. Saat ini, pembangunan sheetpile sudah masuk tahap lelang konstruksi.
"Tapi sebelum lelang, saya minta alat berat dimainkan terus," kata Saefullah.

Ia mengatakan revitalisasi kawasan Luar Batang sudah diatur dalam Perda Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang. Sehingga masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI diminta mengajukan anggaran untuk penertiban Luar Batang.
"Nanti akan saya laporkan ke Pak Gubernur, apakah ini mau dikerjakan dengan APBD atau dengan teknis lain. Misalnya dari pengembang yang punya kelebihan KLB (koefisien lantai bangunan)," kata Saefullah.
Adapun Pemprov DKI Jakarta membongkar Kampung Akuarium pada Senin (11/4/2016) lalu. Warga direlokasi ke Rusun Rawa Bebek dan Marunda.

No comments:

Post a Comment