Empat Hal yang Bikin Anies Optimistis Menang dalam Pilkada


 Bakal calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat diwawancara di kantor redaksi Harian Kompas, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

JAKARTA,  Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan empat hal yang membuatnya optimistis mampu mengalahkan bakal calon gubernur petahana. Ia merasa diuntungkan dengan maju sebagai calon kepala daerah di Jakarta.
Sebab, pertama, Jakarta dinilainya memiliki lingkup yang lebih sempit dari daerah lain sehingga masyarakatnya lebih mudah dijangkau.
"Kalau ini pilkadanya di Jawa Barat mboten mawon, lha mau jangkau dari Kuningan, Cirebon, Depok, Bekasi, enggak mungkin dikerjain. Kemudian penetrasi online-nya rendah. Tetapi kalau Jakarta, satu hari bisa ke mana saja, saya merasa connectivity-nya," kata Anies di kantor Kompas, Selasa (25/10/2016).

Kedua, menurut Anies, ia merasa beruntung bisa didukung oleh dua partai, yakni Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Anies tak bisa membayangkan rumitnya konsolidasi dengan banyak partai.
"Enggak rumit, saya enggak bisa membayangkan didukung lima partai menyamakan semuanya. Dua-duanya (Gerindra dan PKS) bekerja dengan kedisiplinan tinggi dibanding partai-partai lain," kata Anies.
Hal ketiga, banyak teman Anies dari luar partai politik yang mau turun tangan bekerja untuknya.
Ia menyebut mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Adnan Pandu Praja, dan Bambang Widjojanto, sebagai anggota tim pemenangan Anies-Sandiaga.
Menurut Anies, mereka yang tergabung dalam tim pemenangan ini bisa mengampanyekan ke publik soal kinerja Anies selama menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
"Kalau kita bicara bersih atau tidak, bukan dari medsos, tetapi oleh orang yang tahu jeroannya. Siapa sih yang tahu jeroannya? Mereka bisa menilai apa yang dikerjakan di Kemendikbud dan Pemda," ujar dia.

Keempat, kata Anies, karakteristik pemilih Jakarta yang rasional menjadikannya optimistis menang. Ia berharap, publik dapat memilih berdasarkan kinerja yang terbukti.
Anies yakin ia memiliki kompetensi lebih dari dua penantangnya.

No comments:

Post a Comment