Htin Kyaw Dilantik Menjadi Presiden Sipil Pertama Myanmar


Htin Kyaw (69), seorang ekonom dan kawan dekat Aung San Suu Kyi, diajukan sebagai calon presiden Myanmar.

NAYPYIDAW,  Htin Kyaw, tokoh terdekat pejuang pro-demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi, telah dilantik sebagai Presiden Myanmar, Rabu (30/3/2016) pagi. Pelantikan Kyaw menandai berakhirnya kekuasaan militer dan dimulainya pemerintahan murni sipil. Myanmar sebelumnya, selama 54 tahun, berada di bawah belenggu junta militer sampai akhir berpindah kepada pemerintahan quasi sipil Presdein Thein Sein.
Pria berusia 69 tahun itu adalah seorang penulis dan pernah satu kali menyopiri Suu Kyi ketika sopir yang sebenarnya berhalangan. Ia terpilih menjadi presiden setelah meraih mayoritas suara parlemen, Selasa (15/3/2016).
Kyaw akan tercatat dalam sejarah dunia sebagai pemimpin sipil pertama bagi Myanmar. Tokoh Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang dipimpin Suu Kyi itu meraih 360 suara dari 652 suara parlemen. Ia maju diusulkan oleh majelis rendah parlemen.
Dalam upacara pelantikannya di gedung parlemen di Naypyidaw,  ia berjanji untuk menjadi “orang yang dapat dipercayai oleh Republik Persatuan Myanmar”.

No comments:

Post a Comment