Keluhan Masyarakat Saat Urus Paspor di Imigrasi Soekarno-Hatta

TANGERANG, Wulan (23) merasa tak mendapat pelayanan yang semestinya saat memperpanjang paspor di Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (1/12/2015). Menurut dia, petugas yang melayani terlihat malas-malasan dan beberapa malah sibuk bermain telepon seluler.
"Jadi kan saya mau perpanjang paspor. Pas serahin berkas, ternyata ada yang kurang. Habis itu petugasnya suruh fotokopi paspor sambil isi formulir. Di situ, ngomongnya udah enggak sopan, sambil marah-marah," kata Wulan kepada Kompas.com, Selasa siang.
Setelah mengikuti instruksi petugas, dia menunggu cukup lama hingga memutuskan untuk menanyakan hal yang harus dia lakukan setelahnya. Saat itu, petugas perempuan yang namanya tidak diperhatikan oleh Wulan kembali menjawab dengan nada sinis.

"Saya bilang, saya kan enggak tahu prosedurnya, makanya saya mau tanya. Dia malah jawab begini, 'Ya kalau ini enggak diserahin, sampai kapan juga enggak kelar-kelar.' Padahal, sebelumnya, saya cuma diminta isi formulir lalu tunggu dipanggil," tutur Wulan.
Dari penglihatannya di sekeliling, cukup banyak petugas yang tidak terlihat serius saat bekerja. Wulan sempat bertanya kepada beberapa petugas tentang beberapa hal yang belum terlalu jelas, tetapi dijawab dengan malas-malasan.
"Padahal ini sudah coba buat ngurus sendiri, lho. Enggak pakai calo," ujar dia.
Terlepas dari perlakuan para petugas kepadanya, Wulan merasa pengurusan untuk perpanjangan paspor sudah cukup cepat. Sejak tiba pukul 09.00 WIB, perpanjangan paspor rampung sekitar pukul 10.30 WIB.

No comments:

Post a Comment