Warga Rawajati Bangun Tenda di Pinggir Jalan Setelah Rumahnya Digusur


Sejumlah warga Rawajati, Jakarta Selatan, yang digusur tempat tinggalnya pada Kamis (1/9/2016) pagi kini bertahan di pinggiran jalan. Warga dengan perabotan rumah yang dapat diselamatkan, mendirikan tenda untuk beristirahat.

JAKARTA,  Sejumlah warga Rawajati, Jakarta Selatan, yang digusur tempat tinggalnya pada Kamis (1/9/2016) pagi, kini bertahan di pinggiran jalan. Warga, dengan perabotan rumah yang dapat diselamatkan, mendirikan tenda untuk beristirahat.
Dalam hawa panas siang hari ini, mereka tidur atau duduk di emperan trotoar di samping Kalibata City. Kebanyakan kaum perempuan dan anak-anak, sementara kaum pria menjaga atau mengurus perabotan.
Sejumlah warga RT 09 RW 04 Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan itu masih bingung dengan nasibnya. Mereka belum bisa memutuskan pindah ke Rusun Marunda di Jakarta Utara atau tidak.
"Enggak tahu mau ke mana. Saya belum bisa memutuskan sekarang ke mana harus pindah. Sementara pakai tenda dulu," kata Ridwan (68), warga RT 09 RW 04 Rawajati, di lokasi gusuran, Kamis.
Ridwan bertahan di tenda kecil yang dibangun dari kayu dan terpal sambil menjaga barang perabotannya. Dirinya berniat untuk bertahan sampai besok atau lusa di pinggiran jalan tersebut meskpun petugas Satpol PP, kata dia, sudah menawarkan untuk mengantarnya pindah ke Rusun Marunda.
"Saya mau menenangkan diri dulu satu dua hari. Selesai itu baru gimana caranya, apa ngontrak, atau ke rumah saudara, mungkin nanti ada jalannya," kata pemilik warung nasi yang digusur itu.
Ati (54), warga RT 09 RW 04 lainnya, mengatakan hal senada. Dirinya menunggu kesepakatan bersama warga lainnya untuk menentukan langkah selanjutnya.
"Belum ngumpul lagi. Tapi kalau buat ke rusun (Marunda) saya enggak akan mau. Jauh di pinggir laut, usaha apa. Kalau di sini usaha gampang," ujar Ati.
Pemerintah Kota Jakarta Selatan telah menertibkan puluhan rumah milik 60 kepala keluarga di lokasi itu.
Sejumlah personel Satpol PP terlibat bentrokan dengan warga saat penertiban berlangsung. Namun saat ini kondisi di lokasi penertiban sudah kondusif. Pembongkaran rumah warga yang sebagian besar bangunan semi permanen di pinggir rel dekat Kalibata City itu telah usai.

No comments:

Post a Comment