Jokowi: Jangan Semua Dikerjakan Daerah, Pasti Uangnya Habis Enggak Jelas


Presiden Joko Widodo (Jokow) bersama sejumlah menteri saat di atas kapal menuju Pulau Samosir dia Danau Toba, Minggu (21/8/2016).

JAKARTA,  Presiden Joko Widodo meminta agar daerah fokus membangun bidang yang sesuai dengan potensinya. Dengan begitu, anggaran yang terbatas bisa digunakan untuk mengembangkan satu bidang tertentu dan tidak akan menjadi habis sia-sia.
"Jangan semua dikerjakan, kalau semua dikerjakan pasti uangnya akan habis enggak jelas," kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional I Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) di Jakarta, Selasa (30/8/2016).
Jokowi pun mengingatkan kepada ratusan anggota DPRD yang hadir untuk mengawal anggaran di daerahnya masing-masing. Dewan, kata Jokowi, harus menolak apabila anggaran yang diusulkan oleh pemerintah daerah tidak sesuai pesan yang ia sampaikan
"Anggaran jangan cuma dibagi-bagi rata, pasti akan habis, baunya saja tidak akan kecium," kata Jokowi disambut tawa para anggota DPRD.
Jokowi pun memberikan contoh sejumlah kota di luar negeri yang fokus membangun satu potensi di daerahnya sehingga menjadi kota maju dan terkenal di seluruh penjuru dunia. Salah satunya yakni Sunny Land, kota kecil di Amerika Serikat yang fokus pada pengembangan golf.
Sambil menampilkan gambar, Jokowi menyebut kota tersebut memiliki 39 lapangan golf.
"Jet-jet pribadi dari berbagai dunia itu semuanya pada datang kesini. Cuma untuk main golf," ucap Jokowi sambil menunjukkan foto lapangan golf disana.
Jokowi juga mencontohkan kota lain seperti Tsukiji di Jepang yang fokus pada pengembangan ikan, Rotterdam di Belanda yang fokus pada pengembangan pelabuhan, dan sejumlah kota lainnya.
"Kita juga pasti akan bisa seperti itu kalau fokus," ucap Jokowi.

No comments:

Post a Comment