Kecelakaan Maut di Cianjur, 10 Orang Tewas

CIANJUR,  Kecelakaan maut terjadi di Jalan Raya Cianjur-Sukabumi atau tepatnya di Kampung Bangbayang, Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Sabtu (30/7/2016). 10 orang dilaporkan tewas akibat kecelakaan tersebut.
Sejumlah kendaraan terlibat dalam kecelakaan tersebut. Antara lain, truk dengan pelat nomor B 9479 GDA, angkot dengan pelat nomor F 2989 YY, Yamaha Mio dengan pelat nomor F 6557 YR, Honda Vario dengan pelat nomor F 2972 YN, Suzuki Nex dengan pelat nomor G 4296 XA, dan Honda Revo dengan pelat nomor F 3358 ZB.
Tak hanya kendaraan, seorang penyeberang jalan pun menjadi korban kecelakaan tersebut.
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, kecelakaan itu bermula ketika truk yang dikemudikan Asep Suhandi (35), melaju dari arah Kabupaten Sukabumi menuju Kabupaten Cianjur.
Ketika menempuh jalan lurus dan menurun, Asep tak bisa mengendalikan kendaraannya sehingga menabrak sejumlah kendaraan yang datang dari arah berlawanan.
"Diduga rem tidak berfungsi, setelah menabrak kendaraan, truk keluar ke kanan dan berhenti menabrak bengkel, tempat refill air mineral, dan warung," kata Yusri melalui pesan singkat.
Ratusan warga dan pengguna jalan memadati tempat kejadian untuk melihat apa yang telah terjadi atau hanya sekedar mengambil foto lokasi sehingga menyebabkan antrean panjang kendaraan dari kedua arah tidak bergerak selama beberapa menit.
Puluhan petugas dan sejumlah alat berat serta mobil derek diturunkan untuk membersihkan lokasi dari kendaraan dan puing-puing bangunan yang berserakan, untuk memastikan tidak ada korban yang tertimpa bangunan.
Kecelakaan di Gekbrong sudah beberapa kali. Dua tahun yang lalu, kecelakaan menyebabkan 18 orang tewas di jalur tersebut. Umumnya kecelakaan terjadi akibat rem blong.
Kontur jalan dari arah Sukabumi yang menurun tajam dan panjang diduga penyebab rem kendaraan besar seperti truk dan bus kerap tidak berfungsi. Tidak adanya lokasi buangan atau area penyelamat disepanjang jalur tersebut membuat supir kehilangan kendali saat terjadi rem blong.

No comments:

Post a Comment