Kapolri: Kerja Sama Banyak Pihak Redam Kerusuhan di Sumut


Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian.

JAKARTA, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian mengatakan situasi di Tanjungbalai dan Desa Lingga, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kini sudah kondusif. Tito menyebut kerusuhan dapat diredam atas kerja sama berbagai pihak. "Saya ucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang telah membantu dan jajaran pemerintah khususnya Gubernur Sumatera Utara, Bupati Kabupaten Karo, kemudian Wali Kota Tanjungbalai," kata Tito dalam konferensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (31/7/2016).
Selain itu, Tito mengatakan tokoh masyarakat juga ikut berperan dalam meredam konflik di kedua tempat tersebut. Khususnya Forum Komunikasi Umat Beragama yang bergerak cepat.
Tito menuturkan penegakan hukum tetap berjalan untuk menindak oknum yang terlibat kerusuhan. Kemudian, dialog kepada masyarakat juga berjalan agar tidak ada sisa percikan pasca kerusuhan.
"Rekonstruksi, rehabilitasi untuk pembersihan tempat-tempat yang terbakar sedang berlanjut. Penebalan pasukan juga kami lanjutkan," ucap Tito.
Tito berharap masyarakat Sumatera Utara dapat menjaga kekompakan dan toleransi antarwarga. Menurutnya, Sumatera Utara sebagai barometer kerukunan umat beragama di Indonesia dapat dipertahankan.
"Kami harap agar dipertahankan kekompakan, stabilitas keamanan, agar situasi benar-benar menjadi pulih seperti sedia kala dan silahkan beraktivitas normal seperti sedia kala," ujar Tito.
Hari ini, Tito tiba di Ibu Kota setelah mengunjungi dua titik kerusuhan di Sumatera Utara, Desa Lingga, Kabupaten Karo dan di Tanjungbalai. Ia mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 12 siang.
Terhadap dua tempat tersebut, Tito menyebut kondisi sudah terkendali.
Seperti diketahui, kerusuhan melanda Tanjungbalai pada Jumat (29/7/2016) hingga Sabtu pagi. Sekelompok massa merusak sejumlah vihara, klenteng, dan bangunan yayasan sosial, bahkan delapan unit mobil juga dibakar.
Sementara di Karo, kerusuhan terjadi saat program relokasi pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Jumat (29/7/2016). Satu orang tewas dalam kericuhan tersebut.

No comments:

Post a Comment